Cari Blog Ini

Wanita dan Menstruasi

Share:
Wanita dan Menstruasi

Wanita dan Menstruasi
Oleh : I GDE RISKI MSIP copas

Abstrak : Menstruasi adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Gejala yang dirasakan pada saat menstruasi bisa berbeda-beda, misalnya sakit perut, nyeri, mudah emosi, atau bahkan keram perut yang sangat meyiksa. Sebagian besar wanita mengatasi rasa nyeri pada saat menstruasi dengan mengkonsumsi jamu-jamuan atau obat-obatan seperti obat asam mefenamat. Efek samping asam mefenamat yang paling menonjol adalah kemampuannya merangsang dan merusak lambung.
Kata kunci : menstruasi, pengaruh menstruasi, obat pereda nyeri
.
Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama. Terkadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya. Biasanya pada saat menstruasi wanita memakai pembalut untuk menampung darah yang keluar saat beraktivitas terutama saat tidur celana tidak basah dan tetap merasakan nyaman. Pembalut harus diganti minimal dua kali sehari untuk mencegah agar tidak terjadi infeksi pada vagina atau gangguan-gangguan lainnya. Gunakanlah pembalut yang anti-bakteri dan mempunyai siklus udara yang lancar.

TANDA DAN GEJALA MENSTRUASI
Sering kali saat menstruasi tiba muncul gejala yang kurang nyaman yang akan dirasakan oleh para wanita. Biasanya gejala yang dirasakan bisa berbeda-beda, misalnya sakit perut, nyeri, mudah emosi, atau bahkan keram perut yang sangat meyiksa. Nyeri menstruasi sering menjadi masalah bagi banyak wanita. Terkadang nyeri ini terasa biasa saja dan tidak mengganggu aktivitas. Namun, nyeri ini terasa luar biasa dan membuat wanita hanya bisa menahan nyeri serta tidak fokus melakukan aktivitas sehari-hari. Bisa dikatakan, nyeri menstruasi adalah hal yang normal menjelang dan saat menstruasi. Perubahan hormon selama menstruasi dan peluruhan yang terjadi pada dinding rahim mau tidak mau akan menimbulkan rasa nyeri.
Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala yang dapat terjadi pada saat masa menstruasi:
Masalah-masalah yang terkait dengan siklus menstruasi biasanya dialami pada wanita usia produktif. Efek samping yang ditimbulkan akibat gangguan siklus menstruasi seperti: mengurangi kualitas hidup, berdampak negatif terhadap kesehatan reproduksinya, potensi jangka panjang menimbulkan efek merugikan bagi kesehatan seperti osteoporosis pada kasus amenorrhea dan penyakit kardiovaskular pada kasus ovarium polikistik (PCOS/ polycystic ovarian syndrome). (Yuliasih, 2013)
Banyak juga efek samping lainnya yang bersumber dari Pasca Menstruasi atau biasa disebut dengan istilah PMS. PMS adalah nightmare bagi seorang wanita dan juga orang-orang di sekitarnya. Semua bagian tubuh terasa tidak nyaman, kepala, perut, punggung, dan lainnya. Karena ketidaknyamanan itulah seorang wanita menjadi terpengaruh secara psikologis dan menjadi lebih sensitif. Berikut uraian mengenai pengaruh psikologis yang ditimbulkan ketika menstruasi :
  • · Lebih canggung dari biasanya

Meskipun penyebabnya masih misteri, para ahli berpendapat meningkatnya hormon estrogen juga mempengaruhi otak sehingga kondisi Anda kurang stabil pada saat itu.
  • · Sulit tidur

Sehari sebelum 'tamu' datang, kadar hormon estrogen dan progresteron akan menurun. Penurunan kadar hormon ini umumnya akan membuat Anda sulit tidur. Hal ini mirip seperti kondisi yang dialami wanita menopause.
  • · Tiba-tiba semua jadi menyebalkan

Tidak ada masalah yang sedang menerpa Anda, tetapi tiba-tiba semua hal terasa begitu menyebalkan. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh fluktuasi dari neurotransmiter seperti serotonin.
  • ·Sulit fokus pada pekerjaan

Anda pasti pernah mengalami masa-masa sulit untuk fokus pada apa yang Anda kerjakan. Bahkan untuk fokus membutuhkan usaha yang lebih daripada mengerjakan pekerjaan itu sendiri. Jika hal ini terjadi setiap bulan dan cukup mengganggu Anda, konsultasikan dengan dokter Anda agar Anda tetap dapat beraktivitas secara normal.

TIPS MENANGANI NYERI SAAT MENSTRUASI
Sebagian besar wanita mengatasi rasa nyeri pada saat menstruasi dengan mengkonsumsi jamu-jamuan atau obat-obatan. Jangan khawatir ada cara alami untuk mengatasi rasa nyeri menstruasi. Ketika menstruasi datang terasa begitu nyeri, redakan dengan cara berendam di air hangat, campurkan garam mandi ataupun minyak aromatic yang sedang trend untuk relaksasi.
Konsumsilah susu berkalsium tinggi dan perbanyak asupan zat besi pada saat menstruasi berlangsung. jika nyerinya sangat hebat hitunglah dengan cermat waktu menstruasi, dan siapkan obat penghilang rasa sakit atau suplemen yang sesuai. Olahraga secara teratur karena bermanfaat bagi tubuh. Pilih olahraga ringan seperti jogging dan aerobic low impact. Hal tersebut dapat membantu melancarkan aliran darah di sekitar rahim sehingga dapat meredakan rasa nyeri.  Adapun tips lainnya , yaitu :
  • Kompres Perut
Rasa hangat pada perut akan membuat otot-otot lebih rileks. Kompreslah bagian yang terasa nyeri dengan air hangat, bisa menggunakan kantong kompres yang sudah diisi air hangat atau dengan kompres kain. Lakukan kompres hingga perut terasa lebih nyaman.
  • Berbaring Dengan Nyaman
Agar tubuh lebih nyaman dan punggung tidak terasa nyeri selama menstruasi, berbaringlah dengan posisi kepala lebih tinggi. Membaringkan tubuh akan meringankan gejala nyeri, baik yang terasa di punggung ataupun di perut bagian bawah.
  • Hindari Makanan/Minuman Yang Membuat Kembung
Selama menstruasi, ada baiknya Anda mengindari makanan atau minuman yang dapat membuat rasa kembung. Hindari dulu kopi, kol, bunga kol, brokoli dan makanan lain yang dapat membuat perut kembung. Rasa kembung dan sebah akan membuat nyeri menstruasi semakin parah.
  • Senam Haid
Hanya duduk diam justru akan membuat nyeri terasa menjadi. Maka lakukan aktivitas gerak ringan yang dapat membuat tubuh terasa lebih nyaman, salah satunya adalah senam haid. Senam ini akan membuat otot perut rileks.
  • Konsumsi Air dan Makanan Sehat
Selama menstruasi, perbanyak konsumsi makanan sehat dan minum cukup air. Hindari dulu makanan yang mengandung garam, karena tubuh lebih mudah mengikat air jika banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam, sehingga tubuh makin terasa sesak dan berat. Perbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi. Kekurangan cairan akan membuat nyerinya semakin terasa. Usahakan untuk minum air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke daerah panggul. Hindari meminum minuman yang mengandung kafein karena bisa memicu iritasi pada usus halus. Meminum teh beraroma mint. Lebih baik jika diminum dalam keadaan hangat. Membuat ramuan jahe. Caranya, rebus beberapa potong jahe yang telah dimemarkan dalam air lalu minumlah air jahe dalam keadaan hangat.

EFEK SAMPING OBAT PEREDA NYARI (ASAM MEFENAMAT)
Asam mefenamat termasuk obat pereda nyari yang digolongkan sebagai NSAID (Non Steroidal Antiinflammatory Drugs). Asammefenamat dapat digunakan untuk mengatasi berbagai jenis rasa nyeri, namun lebih sering diresepkan untuk mengatasi sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, dan sakit ketika atau menjelang haid.
            Sebagaimana obat-obat lainnya, asam mefenamat dapat menyebabkan berbagai efek samping. Efek samping asam mefenamat yang paling menonjol adalah kemampuannya merangsang dan merusak lambung. Oleh sebab itu, asam mefenamat sebaiknya tidak diberikan pada pasien yang cenderung mempunyai sakit mag atau gangguan lambung lainnya. Risiko perdarahan lambung ini akan lebih besar lagi pada peminum alkohol. Untuk mengurangi risiko gangguan lambung, sebaiknya obat-obatan yang mengandung asam mefenamat dikonsumsi bersama makanan atau susu.    
            Jika sedang mengonsumsi asam mefenamat apalagi dalam jangka waktu cukup lama, awasilah apakah kotoran (faeces) berubah warna menjadi kehitaman, atau terdapat bercak-bercak darah demikian pula jika pasien muntah apakah terdapat darah. Jika ada, berarti sudah terjadi pendarahan yang cukup parah di lambung. Maka pemakaian asam mefenamat harus segera dihentikan dan lapor ke dokter. Overdosis asam mefenamat biasanya ditandai dengan mual, muntah, perdarahan lambung, pusing, sakit kepala, diare, telinga bordering, penglihatan kabur, berkeringat banyak, napas melemah, kejang, dan dapat membawa kematian.
            Selain tidak boleh diberikan kepada gangguan penderita lambung dan peminum alkohol, asam mefenamat juga tidak boleh diberikan kepada orang-orang yang alergi terhadap salah satu obat golongan NSAIDS (misalnya yang mengandung ketoprofen, naproxen, diclofenac, fenoprofen, flubiprofen, indomethacin, nabumetone, piroxicam) penderita gangguan jantung, ginjal, hati, dan penderita hipertensi (tekanan darah tinggi).
            Satu hal lagi mengenai obat yang sangat penting untuk diperhatikan adalah sifat obat yang dapat berinteraksi dengan obat lain, atau makanan yang sedang kita konsumsi. Hasil interaksi obat ini seringkali berefek negatif dan bahkan dapat membahayakan jiwa pemakai.
            Banyak efek samping yang ditimbulkan oleh obat-obat yang mengandung asam mefenamat. Oleh karena itu, harus dikonsumsi secara hati-hati dan tidak dalam jangka panjang. Sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari satu minggu kecuali atas anjuran dokter.
PENUTUP
Kesimpulan :
Gejala yang kurang nyaman yang akan dirasakan oleh para wanita pada saat menstruasi berbeda-beda, misalnya sakit perut, nyeri, mudah emosi, atau bahkan keram perut yang sangat meyiksa. Redakan dengan cara berendam di air hangat, campurkan garam mandi ataupun minyak aromatic yang sedang trend untuk relaksasi.
Hindari penggunaan obat-obatan pereda nyeri yang terlalu berlebihan, karena dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.

DAFTAR RUJUKAN
Masalah-masalah yang terkait dengan siklus menstruasi biasanya dialami pada wanita usia produktif. Yuliasih, Nur. 2013. Gangguan Siklus Haid. http://MeetDoctor.com/2013/11/gangguan-siklus-haid.html (diakses 20 November 2014)
Silahkan Bila ada pertanyaan
kami akan jawab secepatnya

Cara Login  ᐈStep1   ᐈStep 2
Tagg Infotasik kolom informasi seputar tasik#hoteltasik, #infotasik, #tasik. #hotel, #telppenting
LABEL: daftar nomor telepon

Tidak ada komentar